AL-QUR’AN MENJADI SYAFAAT

 

Abu Umamah r.a. berkata : “Rasulullah S.A.W telah menganjurkan supaya kami semua mempelajari Al-Qur’an, setelah itu Rasulullah S.A.W memberitahu tentang kelebihan Al-Qur’an.”

Telah bersabda Rasulullah S.A.W : Belajarlah kamu akan Al-Qur’an, di akhirat nanti dia akan datang kepada ahli-ahlinya, yang mana di kala itu orang sangat memerlukannya.”( HR.Muslim).

Ia akan datang dalam bentuk seindah-indahnya dan ia bertanya, ” Kenalkah kamu kepadaku?” Maka orang yang pernah membaca akan menjawab : “Siapakah kamu?”

Maka berkata Al-Qur’an : “Akulah yang kamu cintai dan kamu sanjung, dan juga telah bangun malam untukku dan kamu juga pernah membacaku di waktu siang hari.”

Kemudian berkata orang yang pernah membaca Al-Qur’an itu : “Adakah kamu Al-Qur’an?” Lalu Al-Qur’an mengakui dan menuntun orang yang pernah membaca mengadap Allah S.W.T. Lalu orang itu diberi kerajaan di tangan kanan dan kekal di tangan kirinya, kemudian dia meletakkan mahkota di atas kepalanya.

Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya niscaya Allah SWT akan memakaikan mahkota kepada kedua orang tuanya besok di hari kiamat yg mana cahaya mahkota tersebut lebih indah dari cahaya matahari yg menyinari rumah-rumah di dunia. dan dipakaikan kedua orang tuanya perhiasan yang tidak didapatinya didunia, lalu keduanya bertanya : dengan amal apa hingga kita diberikan pakaian ini ? dikatakan : karena anakmu membaca Al-Qur’an”. Maka apakah gerangan balasan pahala yg akan dianugerahkan kepada orang yg membaca dan mengamalkan Al-Qur’an itu sendiri? Pasti pahalanya lebih besar ” . (Riwayat Abu Dawud)

Sungguh bersyukurlah bagi orang yang bisa lancar membaca Al-qur’an, karena masih banyak orang-orang yang belum bisa membaca Al-qur’an, karena dengan kita membaca Al-qur’an kedua orang tua kita besok hari kiamat akan mendapatkan mahkota dari emas, dan bisa meningkatkan derajad kita tinggi disurga. Dalam riwayat lain orang yang sering membaca al-qur’an maka bisa menerangi kuburnya kelak, dan di akhirat bisa menjadi penolong bagi yang membacanya, seperti yang disabdakan Nabi kira Rasulallahi s.a.w “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafa’at (penolong) bagi orang yang membacanya dan mentaatinya.” (HR. Muslim no. 804)

Bahkan bagi yang senang membaca Al-qur’an Allah akan mengumpulkan bersama Malaikat, seperti sabda beliau “Orang yang pandai membaca Al-Qur’an akan ditempatkan bersama kelompok para Malaikat yang mulia dan terpuji. Adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapat dua pahala.” (HR. Muslim no. 798, HR Al-Bukhari no. 4937) Dua pahala, yakni pahala membaca dan pahala susah payahnya.

Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau saw ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Untuk itulah kita hiasi diri kita, rumah kita, akhlak kita dengan membaca Al-qur’an, karena begitu banyak keutamaannya.

Sumber:

http://kisahtauladan354.blogspot.co.id/2013/12/al-quran-menjadi-syafaat.html?m=1#sthash.eOgl1yeT.dpuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *