Ahad (27/03/2016). Lantunan ayat-ayat al-Qur’an kembali menggema dari menara masjid Fathullah mengiringi terbitnya mantari pagi, Minggu 27 Maret 2016. Gaung bacaan al-Qur’an dilantunkan oleh mereka yang berjuluk Hamalatul Qur’an pada hari itu menandai telah dimulai kegiatan rutin bulanan yang setelah beberapa bulan lalu terhenti karena liburan. Kini, irama-irama yang seakan-akan menciptakan suasana surga itu kembali menggunggah para pecinta al-Qur’an.

Haflah Khatmil Qur’an adalah kegiatan rutin bulanan yang diadakan pada minggu terakhir setiap bulannya. Pada kali pertama ini, kegiatan memiliki suasana baru dengan bergabungnya anggota Haiah Tahfidz yang baru. Bersama-sama saling mendorong dan memberi semangat dalam usaha menjaga kemurnian al-Qur’an. Haflah Khatmil Qur’an menampilkan para hafidz – hafidzah dari Lembaga Tahfizh dan Ta’lim al-Qur’an yang membaca bergantian dari juz satu ke juz berikutnya.

Keigatan ini diadakan sebagai wadah yang diperuntukkan bagi anggota Haiah Tahfidz. Dengan diadakannnya kegiatan ini secara rutin, diharapkan dapat menjadi tolak ukur keberhasilan masing-masing anggota dalam menjaga hafalannya. Selain itu, nilai syi’ar juga merupakan hal yang melandasai pelaksanaan agenda ini.

Saling mengoreksi ketepatan huruf, saling membetulkan kekeliruan hafalan, saling mengingatkan jika ada makhraj dan penerapa hukum bacaan al-Qur’an sangat nampak mewarnai keberlangsungan acara ini, dari awal hingga akhir. Dengan demikian, setiap anggota Haiah Tahfidz LTTQ diharapkan akan mampu menjadi generasi terdepan dalam menjaga teks – teks al-Qur’an dari berbagai macam bentuk kekeliruan.

Jika Allah swt. adalah pemilik seluruh alam jagad raya dan segala isinya, maka betapa kaya dan mulianya orang yang dikatakan nabi sebagai keluarnya Allah swt, yaitu mereka orang-orang yang menjadi penghafal al-Qur’an. Hasbunallah wa ni’ma al-wakil ni’ma al-mawla wa ni’man nasiir.

 

DSC_1383_

DSC_1436_

DSC_1412_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *