Pengertian Hai’ah

Kata Hai’ah yang berakar kata dari bahasa Arab هية, yang berarti tubuh. Sesuai dengan pemaknaan secara bahasa tersebut, maka kata Hai’ah merepresentasikan anggota Lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an. Kelas Hai’ah bisa dikatakan dengan kelas beasiswa yang dibuka oleh LTTQ untuk semua program baik Tahsin, Tilawah, Tahfizh dan Bahasa Arab Qur’ani (BAQ). Setiap peserta program yang telah memiliki kualifikasi dan memenuhi syarat-syarat tertentu berhak untuk masuk ke kelas Haiah.

 

Proses Masuk Menjadi Hai’ah

Semua kelas Hai’ah berada dalam tanggungjawab Bidang SDM LTTQ Fathullah. Untuk dapat memasuki kelas ini, peserta harus melewati dua tahap seleksi, yaitu:

  1. Ujian Masuk Haiah (UMH)

  2. Tes interview dengan BPHT LTTQ Fathullah.

Kedua hal tersebut dipandang sangat perlu untuk diadakan, dengan tujuan menjadikan setiap peserta yang masuk menjadi Hai’ah adalah orang-orang yang terpilih dan siap mengabdikan diri kepada Al-Qur’an melalui lembaga ini.

Bagi yang sudah menjadi anggota Hai’ah, maka mereka telah resmi menjadi anggota LTTQ, sehingga memiliki kewajiban-kewajiban yang harus dijalani dalam berbagai bentuk kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan wajib mingguan yang berkaitan dengan bidangnya masing-masing, kegiatan kelembagaan, dan keorganisasian. Semua hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kulaitas anggota Hai’ah itu sendiri.

 

Kelas Hai’ah terdiri dari:

Kelas Hai’ah sebagai kelas khusus, yang mewadahi orang-orang pilihan juga memberikan tempat bagi mereka untuk bisa lebih mengembangkan diri. Adapun kelas yang dibuka untuk anggota Hai’ah saat ini adalah:

1. Hai’ah Tahsin
2. Hai’ah Tahfizh
3. Hai’ah Qurro’