Al-Qur’an Al-Karim tanpa perlu kita muliakan tetaplah ia mulia, karena kemulian dan keagungannya bukanlah karena kita memuliakannya. Bahkan sebaliknya, kita menjadi mulia karena kita mau dekat dengan al-Qur’an. Al-Qur’an itu indah dengan sendirinya. Ia akan lebih indah lagi jika dilantukan dengan nada-nada merdu yang semakin menambah penghayatan ketika al-Qur’an itu dibacakan.
Berangkat dari hal tersebut, LTTQ melakukan inovasi dalam pembelajaran kelas Haiah Tahsin. Pembelajaran murattal, yaitu mempelajari lagu-lagu yang digunakan untuk memperindah bacaan al-Qur’an seseorang merupakan pilihan yang tepat untuk diadakan. Anggota Haiah Tahsin LTTQ Masjid Fathullah yang sudah dibina secara mendalam dalam mempelajari cara baca al-Qur’an dari sisi Tajwid dan Makharij-nya, kini diberikan tuntutan (tambahan materi) yaitu mempelajari lagu-lagu murattal. Pembelajaran Murattal ini disampaikan oleh Ustadzah Mastia Lestaluhu, S.Sy. yang merupakan Qoriah Nasional.
Harapan ada pembelajaran ini tidak lain adalah sebagaimana disebutkan diawal yaitu membaguskan bacaaan dari sisi lagu dan suara. Dengan demikian, keindahan al-Qur’an akan semakin terasa dengan hiasan lagu-lagu yang merdu dan indah disaat membacanya.

 

_DSC_1371

_DSC_1370

Murattal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *