16 tahun sudah Lembaga Tahfidz dan Ta’lim Al-Qur’an (LTTQ) Masjid Fathullah UIN Jakarta berdiri di tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tahun ini LTTQ Fathullah kembali mengadakan perhelatan akbar memperingati hari lahirnya. Milad ke-16 pada Sabtu, 17 Desember 2016 mengangkat tema “Menilik Sejarah untuk Mengokohkan Ukhuwah dan Memperkuat Himmah dalam Berkhidmah”.

Ada beberapa rangkaian acara pada milad kali ini, yaitu haflah  tasmi dan khotmul qur’an yang diisi oleh anggota haiah tahsin dan tahfidz, saresehan dan temu alumni dan ditutup oleh acara puncak yaitu haflah tilawah.  

pagi
Khatmul Qur’an Pembacaan al-Qur’an bil ghaib oleh salah seorang Pengurus LTTQ

Acara milad dimulai pukul 05.00 WIB dengan haflah tasmi’ dan khotmil qur’an. Pukul 13.00 WIB, rangkaian milad dilanjutkan dengan acara saresehan dan temu alumni. Saresehan kali ini membahas tentang sejarah LTTQ dan menghadirkan alumni-alumni LTTQ periode awal sebagai pembicara, di antaranya Ustadz Dede Abdul Fattah, M.H (ketua LTTQ periode 2001), Ustadz Ali Fahruddin, MA, (ketua LTTQ periode 2007) dan Ustadz Iip Irpana, S.Pd.I.

Satu Jam Lebih Dekat Bersama Alumni LTTQ
(dari kiri: Ust. Ali Fakhruddin, Ust. Dede Abdul Fattah, Ust. Iip Irpana

Tujuan diadakannya saresehan ini adalah agar anggota LTTQ mengetahui sejarah LTTQ dan mengenal lebih jauh para alumni, karena organisasi yang baik adalah yang mengenal sejarah organisasinya serta pendirinya.

Sore hari, acara dilanjutkan dengan saresehan bersama Ustadz Farid Wajdi, S.Th.I., Lc., M.A. (Al-Hafidz), beliau juga mengajarkan metode menghafal Al-Qur’an dengan gerakan yang dibuat oleh beliau. Acara berlanjut dengan pemotongan kue oleh Ustadz Muamar, AS, S.Pd.I. Acara saresehan berlangsung lancar dan hangat, canda dan tawa mewarnai lantai dua Masjid Fathullah UIN Jakarta.

img_0882
Penjelasan Metode Menghafal MAKI oleh Ust. Farid Wajdi

Malam hari tibalah saatnya acara puncak yang diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yaitu pemberian penghargaan serta apresiasi haiah dan peserta program terbaik, launching LQ store, pemutaran video program dan video profil LTTQ, penampilan tim sholawat LTTQ, tilawah haiah qurro, taqdimul qishoh dari BAQ dan haflah tilawah.

img_0972
Team Sholawat Putri LTTQ

LQ Store merupakan usaha online LTTQ Fathullah, launching dan peresmian LQ Store oleh Septian Alamsyah selaku ketua Bidang Kewirausahaan. Penampilan tilawah haiah qurroo ditampilkan oleh empat qoriah bersuara emas yaitu Siti Marwani, Intan Nur Afifah, Isna Wirahmadayanti dan Lia Fitria. Sedangkan taqdimul qishoh berjudul Taqlidul A’ma ditampilkan oleh tiga peserta BAQ, yaitu Ibnu Setia, Anis dan Rohmah.

Haflah tilawah ditutup dengan penampilan puncak yaitu haflah tilawah satu dan dua. Haflah tilawah satu diisi oleh pengurus LTTQ periode 2016/2017 yaitu Faiz Nashrullah Al-Hakim, Amirullah Saputra dan Febri Budimantoro. Sedangkan haflah tilawah 2 diisi oleh Ustadzah Mastia Lestaluhu, S. Sy (Qori’ah internasional) dan Ustad H. Dasrizal M. Nainin. MIS (Qori’ah internasional).

dsc_0011
Haflah Tilawah Pertama oleh Pengurus LTTQ

 

img_0987
Haflah Tilawah Kedua oleh Ustadzah Mastia Lestaluhu, S.Sy.

 

dsc_0023
Puncak Haflah Tilawah oleh Ust. Dasrizal M. Nainin, MIS.

Acara milad berakhir pukul 00.00 WIB. Melalui acara ini, LTTQ berharap masyarakat semakin mencintai AL-Qur’an dan semoga LTTQ semakin berjaya dan sukses mensyiarkan Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *