Rabu (20/5/2016) Lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an kembali mengadakan kunjungan sebagai upaya peningkatan kualitas dan memperluas jaringan lembaga ke-Al-Qur’anan. Pada kunjungan kali ini, LTTQ masih tertuju kepada lembaga / institusi yang bergerak dalam bidang Tahfizh al-Qur’an, yaitu Pesantren Madrasatul Qur’an.

Pesantren yang terletak di daerah Jombang ini merupakan pesantren takhassus yang mencetak para penghafal Al-Qur’an. Perjalanan yang cukup lama ditempuh dari Ciputat menuju daerah Seblak, Jombang akhirnya terbayarkan dengan hasil berupa pengetahuan seputar tahfizh al-Qur’an.

Ketua Umum LTTQ (kiri) bersama beberapa pengurus Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an

Dalam melakukan kunjungan ini, LTTQ tidak hanya melibatkan anggota LTTQ saja, melainkan turut berpartisipasi pula sepuluh santri dari Pondok Pesantren Anwarul Qur’an, Cinere, Depok.

Sedianya, Gus Sholah selaku pimpinan pondok pesantren akan menyambut kedatangan kami, akan tetapi karena ada halangan sehingga beliau digantikan oleh Ketua Bidang Tahfizh. Namun, hal ini tidak mengurangi kehangatan sambutan mereka, bahkan dari hasil pertemuan tersebut, kami mendapatkan sejumlah kiat untuk menjaga hafalan agar tetap bagus, serta mengetahui berbagai macam kegiatan yang menunjang serta mendukung dalam proses pencetakan pengahafal Al-Qur’an. Di antaranya adalah para santri diajarkan kitab Al – Tibyan fii Adaabi Hamalah Al-Qur’an, sehingga dengan diajarkannya  kitab ini, para santri akan mengetahui etika penghafal Al-Qur’an. [/red]

Studi banding dan rihlah ilmiah ke Universitas Hasyim Asyari, Tebuireng, Jombang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *