Lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an (LTTQ) Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan sebuah organisasi pembinaan al-Qur’an dan dakwah masyarakat yang berada di bawah naungan Masjid Fathullah UIN Jakarta. Berdiri sejak tahun 2000, lembaga ini memiliki visi dan misi sebagai berikut:


VISI

Menjadikan LTTQ Fathullah sebagai lembaga yang terkemuka dalam pembinaan al-Qur’an dan pembentuk generasi intelektual Qur’ani dan masyarakat yang peduli terhadap masalah-masalah sosial.

MISI

1.Menjadi lembaga Qur’an yang peduli terhadap masalah-masalah sosial.
2.Menjadikan masyarakat LTTQ sebagai generasi intelektual muslim Qur’ani
3.Menjadikan masyarakat LTTQ memiliki kwalitas yang mumpuni dalam bidang al-Qur’an

 

Selaras dengan visi dan misinya, LTTQ juga memiliki tujuan tersendiri baik yang bersifat umum maupun khusus diantaranya:

TUJUAN UMUM

1. Menumbuhkembangkan “kesadaran” terhadap segala aspek yang terkait dengan Al-Qur’an terutama kesadaran membaca, menghafal dan mengkaji Al-Qur’an
2. Pendalaman serta penghayatan terhadap ilmu-ilmu yang dikandung dan berkaitan dengan Al-Qur’an dalam mencetak generasi intelektual muslim Qurani.

TUJUAN KHUSUS

1. Mensosialisasikan tradisi membaca (tahsin), mengkaji (ta’lim), menguasai (tahfizh), dan seni irama Al-Qur’an dan serta berbagai ilmu sosial-kemanusiaan (Humaniora)
2. Mengkaji secara intensif aspek-aspek mengenai Al-Qur’an (kontekstual & konseptual)
3. Mentadabburi sinyal-sinyal Ilahiyah yang dikandung di dalam Al-Qur’an baik teori maupun praktek
4. Sebagai wadah pemersatu bagi masyarakat umum terutama di kalangan mahasiswa yang ingin, sedang, dan telah hafal Al-Qur’an.

 

Sesuai dengan nama, visi, dan tujuannya, maka tidak heran jika lembaga ini beranggotakan orang-orang dari berbagai kalangan yang ingin mendalami ilmu Al-Qur’an. Hal tersebut juga ditunjang melalui program-program harian maupun mingguan yang selaras dengan tujuannya, di antaranya: Tahfizh Al-Qur’an, Tahsin Al-Qur’an, Tilawah Al-Qur’an, Bahasa Arab Qur’ani (BAQ), Program Hai’ah, dan Program Privat.

 

Adapun Kantor Sekretariat Lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an dapat dilihat di peta berikut: